Guruku Inspirasi ku

GURU IDAMAN

 

Hy SObat!!

Saya yakin sobat pasti mempunyai guru idaman kan ..?

Karakteristik guru idaman Sobat pastinya berbeda-beda bukan ??

Ada yang mengidamkan guru yang perhatian!!

Guru yang bijaksana!!

Guru yang penuh selera humor!!

Bahkan guru yang disiplin dalam berbagai hal…!!

Saya juga punya loh!! Guru idaman saya….

Sobat mau dengarin nggak cerita saya tentang guru idaman .. ?

kalau mau .. ?  di baca di bawah ini ya sobat !!

Pada saat saya menduduki bangku kelas 1 SMA,,,,

saya pun memiliki guru idaman dalam pikiran saya, yaitu guru yang perhatian, disiplin, adil dan bijaksana. Namun, selama saya berada di kelas 1 SMA, saya tidak menemukan sosok guru itu. Begitu pula ketika saya berada di kelas 2, saya tidak menemukan seorang guru yang ideal seperti yang ada dalam pikiran saya. Ketika saya berada di kelas 3 SMA, ada seorang guru yang menurut saya sesuai dengan kata ‘ideal’ dalam benak saya saat itu. Beliau bernama Ibu Yursan. Beliau adalah seorang guru Biologi. Saya selalu antusias dalam mengikuti pelajaran beliau karena beliau mampu menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh murid-murid yang ada di kelas. Metode-metode  pembelajaran yang dilakukan pun bermacam-macam tiap minggunya sehingga membuat kami  tidak merasa bosan di kelas. Bu Nia tak segan-segan memuji murid yang mengerjakan tugas dengan sangat baik, begitu pula dengan murid yang mengerjakan tugas  asal-asalan, beliau pasti menasehati murid tersebut dan memotivasinya supaya murid tersebut tidak mengulanginya di pengerjaan tugas berikutnya. Hal inilah yang membuat saya sangat termotivasi untuk mengerjakan tugas dengan baik. Mungkin hal-hal tadi  yang membuat pelajaran Biologi menjadi pelajaran yang cukup dinanti oleh sebagian besar murid di kelas. Di luar itu semua, sifat keibuan dan kisah hidup beliau membuat saya terinspirasi. Jika saya boleh jujur, Bu Nia lah yang membuat saya senang belajar Biologi hingga saat ini.

Kriteria guru yang ideal menurut saya di masa sekarang adalah:

  1. Guru yang mengetahui karakter setiap muridnya, karena menurut saya dengan mengetahui karakter setiap murid, akan membuat seorang guru mengetahui cara menghadapi muridnya sehingga muridnya merasa nyaman.
  2. Guru yang dapat membuat murid-muridnya bersemangat untuk belajar, hal ini sangat penting bagi seorang guru, karena menurut saya seorang guru harus dapat mendorong muridnya agar dapat belajar sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki muridnya secara maksimal.
  3. Guru yang menghargai setiap hasil kerja keras atau karya muridnya, karena dengan menghargai hasil karya murid, maka murid tersebut akan merasa lebih termotivasi lagi untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi di masa depan, dan akhirnya dapat menumbuhkan rasa senang dalam mempelajari materi yang disampaikan.

Sekarang, saya menuntut ilmu di universitas. Bukan seorang guru lagi yang mengajari saya, melainkan seorang dosen. Saya berharap dosen yang mengajar dapat menjadi sumber inspirasi bagi saya dan dapat memberikan saya motivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply

